Senin, 01 Desember 2014

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Pengertian Makanan 4 sehat 5 sempurna
Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah konsep makanan sehat yang dikampanyekan pemerintah sejak tahun 1955. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan sehat adalah makanan yang mengandung 4 sumber nutrisi yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Jika dilihat dari kandungannya, makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

Makanan Pokok
Berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan energi. Yaitu makanan yang banyak mengandung zat tepung atau karbohidrat seperti roti gandum, singkong, nasi, jagung, serta sagu.

Nasi


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/39/Meshi.jpg

 Lauk Pauk
Berfungsi untuk membangun jaringan tubuh yang baru dan mengganti yang rusak serta menjaga keseimbangan asam basa. Yaitu makanan yang banyak mengandung protein.
Juga berfungsi untuk melarutkan berbagai vitamin, membangun bagian-bagian sel tertentu, serta untuk pelindung tubuh dari suhu rendah. Yaitu makanan yang mengandung lemak.
Contoh lauk pauk adalah daging, ikan, telor, tahu, tempe, kepiting, kacang-kacangan, jagung manis, kelapa dan metega.
800px-Food_Sundanese_Restaurant,_Jakarta





800px-Food_Sundanese_Restaurant,_Jakarta

Sayur-sayuran
Berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Yaitu makanan yang mengandung vitamin dan mineral.
Contoh sayur adalah bayam, sawi, buncis, kangkung, seledri, brokoli, kol, tomat, jamur, wortel, timun, daun pepaya, daun bawang, terong, kacang panjang, lembayung dan sebagainya.
Sayur
Sayur
Buah-buahan
Hampir sama dengan sayuran, buah-buahan juga berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Yaitu makanan yang mengandung vitamin dan mineral.
Contoh buah adalah Pisang, Pepaya, Nanas, Salak, Mangga, Kelengkeng, Melon, Semangka, Jeruk, Jambu Air, Anggur, Sirsak, Apel, Rambutan, Alpukat, Jambu biji, Stroberi, Bluberry dan sebagainya.

Buah – buahan



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/2f/Culinary_fruits_front_view.jpg


 Susu
Susu segar kaya akan nutrisi, diantaranya protein, vitamin D, kalsium, vitamin B12, vitamin A, fosfor, riboflavin, dan niacin. Diantara manfaat susu adalah :

    Membentuk otot,
    Pertumbuhan tulang untuk bayi,
    Mencegah osteoporosis pada orang dewasa,
    Mengurangi risiko hipertensi,
    Mengurangi risiko penyakit jantung,
    Menghaluskan kulit,
    Melancarkan pencernaan,
    Mencegah Kerusakan Gigi,
    Mencegah Kanker Usus,
    Dan sebagainya

Susu
Susu




Tujuan dari menerapkan pola makanan 4 sehat 5 sempurna adalah tercukupinya nutrisi dan gizi bagi tubuh, sehingga tubuh selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

http://www.samishare.com/makanan-4-sehat-5-sempurna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar